Selasa, 27 November 2012

1. sistem perangkat lunak



  • sistem operasi (user interface cli & gui )



Sebuah antarmuka baris perintah (CLI) adalah sebuah mekanisme untuk berinteraksi dengan sistem operasi komputer atau perangkat lunak dengan mengetikkan perintah untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Interface ini hanya teks kontras dengan penggunaan pointer mouse dengan antarmuka pengguna grafis (GUI) untuk klik pada pilihan, atau menu pada teks user interface (TUI) untuk memilih opsi. Metode ini memerintahkan komputer untuk melakukan tugas yang diberikan ini disebut sebagai "memasukkan" perintah: sistem menunggu pengguna untuk menyimpulkan pengajuan perintah teks dengan menekan tombol "Enter" (keturunan kembali "carriage "kunci keyboard mesin ketik). Sebuah interpreter command-line kemudian menerima, mem-parsing, dan menjalankan perintah yang diminta. Interpreter command-line dapat dijalankan dalam terminal teks atau dalam terminal emulator jendela sebagai klien remote shell seperti PuTTY. Setelah selesai, perintah biasanya mengembalikan output kepada pengguna dalam bentuk baris teks pada CLI. Output ini mungkin jawaban jika perintah itu pertanyaan, atau ringkasan operasi.

Konsep CLI berasal saat mesin teletip (TTY) yang terhubung ke komputer pada 1950-an, dan menawarkan hasil pada permintaan, dibandingkan dengan teknologi kartu batch input berorientasi mekanis menekan. Dedicated berbasis teks CRT terminal diikuti, dengan interaksi yang lebih cepat dan informasi lebih terlihat pada satu waktu, maka terminal grafis memperkaya tampilan visual informasi. Saat ini komputer pribadi menyembunyikan seluruh tiga fungsi (batch processing, CLI, GUI) dalam perangkat lunak.

CLI terus bersama-berevolusi dengan GUI seperti yang disediakan oleh Microsoft Windows, Mac OS dan X Window System. Pada beberapa aplikasi, seperti MATLAB dan AutoCAD, sebuah CLI terintegrasi dengan GUI, dengan beberapa manfaat dari keduanya.


Graphical User Interface (GUI) merupakan salah satu model interaksi antara manusia dan komputer. Selain GUI, ada juga model yang lain seperti Character User Interface (CUI) yang sering kita kenal dengan command line. Dari sisi kenyamanan (attitude), kedua model ini memiliki ‘penganut’nya masing-masing. Penganut CUI biasanya adalah administrator sistem berbasis sistem operasi LINUX. Bagi mereka, CUI dirasakan lebih nyaman dibandingkan dengan GUI, bahkan setelah GUI pada LINUX berkembang dengan pesat, mereka tetap bertahan untuk menggunakan CUI. Penganut GUI biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows. Usablity memiliki 3 aspek yaitu learnability (kemudahan bagi pengguna baru untuk dapat menggunakan sistem secara efektif dan mencapai kinerja yang paling optimal), flexibility (variasi cara/model bagi pengguna dan sistem dalam bertukar informasi), dan effectiveness/robustness (tingkat dukungan yang disediakan bagi pengguna untuk mencapai tujuannya dengan sukses dan memberikan penilaian tingkah laku yang diarahkan oleh suatu tujuan). Ketiga aspek ini jika tercapai maka akan memberikan nilai attitude (kenyamanan bagi pengguna).

  • INSTALASI WINDOWS 7
Cara Pertama

Berikut adalah cara mengatur first boot pada komputernya ke CD/DVD :

1. Restart Komputermu atau saat  awal Menyala Tekan Tombol F2 untuk masuk ke menu Setup di menu Bios, atau terkadang harus menekan Tombol Del, dengan tulisan "Del To Setup", dll sesuai menu di komputermu.

2. Dalam  menu Bios akan ada tampilan seperti di bawah ini mungkin akan berbeda di setiap komputer, tapi tinggal sesuaikan saja

3. Di menu Boot, pilih Boot Device Priority, pada Menu First Boot pastikan terpilih dengan memakai CDROOM.

Cara kedua

Tancapkan USB Flashdisk yang telah berisi file Sistem yang telah dibuat sebelumnya. Jika menggunakan CD/DVD bisa dimasukkan nanti.
Nyalakan komputer atau notebook
segera setelah komputer dinyalakan tekan tanpa jeda tombol ESC dan F1 bergantian berulang-ulang. Akan muncul jendela biru kecil yang menawarkan kita mau boot dari mana: “Please select your boot device”
Gunakan tombol panah naik turun untuk memilih. Dari hardisk, Flashdisk (merek flashdisk akan tercantum) atau cd/dvd.
Jika memilih boot dari cd/dvd, masukkan dulu cd/dvd sistem, barulah tekan Enter.
Tunggu sampai proses boot selesai.

Cara ketiga
Tancapkan usb flasdisk sistem, untuk cd/dvd bisa menyusul.
nyalakan komputer/notebook
segera setelah menyalakan komputer/notebook tekan F2 berkali-kali agar tidak ketinggalan masuk ke BIOS. (Tombol yang ditekan untuk masuk BIOS pada komputer/laptop lain mungkin berbeda, ada yang menggunakan tombol Del ataupun kombinasi beberapa tombol).
Setelah masuk ke menu BIOS, karena disini tujuan utamanya tidak mengatur first boot priority maka gunakan tombol panah ke kanan untuk memilih link Exit lalu tekan Enter
ternyata sebelum benar-benar keluar dari BIOS, ada pilihan untuk boot dari hardisk atau cd/dvd ataukah dari usb flashdisk yang telah ditancapkan tadi.
Masukkan cd/dvd sistem jika ingin boot dari cd/dvd.
Gunakan tombol panah atas bawah untuk memilih.
Setelah terpilih tekan Enter
tunggu sampai proses boot selesai.

Jika sudah mengatur Boot menu nya baru kita melakukan tahapan install ulang windows 7 :

1. Pertama atur First Boot komputer anda ke DVD, baca di artikel Cara untuk mengatur pemilihan first boot komputer. Restart komputer.

2.Ketika komputer kembali menyala akan tampil perintah "Press any key to boot from CD or DVD... " segera klik pada sembarang tombol keyboard, dan akan berikutnya akan tampil proses pemuatan file seperti gambar dibawah ini:
 3. Berkutnya akan tampil menu pengisian Bahasa, format waktu, dan Metode Keyboard, lakukan pengisiannya seperti gambar dibawah ini, dan pilih Next :
4. Pilih Install now, maka akan tampil menu pilihan persetujuan, centang menu I accept the license terms, dan pilih Tombol Next.

5. Sekarang pilih dan klik menu Custom Advanced
6. Berikutnya akan tampil menu Drive Options seperti ini:
Saya akan jelaskan terlebih dahulu yang harus anda lakukan karena di setiap komputer pengaturan atau banyaknya drive pasti akan berbeda-beda, Yang perlu anda bedakan atau ketahui adalah Drive System Reserved dan Drive C untuk install windows 7 nya.
7. Sekarang pilih menu drive options, Pilih Disk 0 Partition 1 System Reserved dan pilih Format.
8. Pilih Disk 0 Partition yang anda yakini sebagai Drive C dan pilih Format.
9. Sekarang pilih Drive C yang telah di Format tadi dan klik tombol Next. 

10. Setelah sistem mengkopi dan instalasi wondows 7, komputer akan merestart, saat menyala akan tampil kembali perintah "Press any key to boot from CD or DVD... " dan jangan pijit tombol apapun, biarkan sampai tampil seperti gambar dibawah ini:

11. Sekarang kita masuk ke menu pengisian personalisasi windows 7 anda, pengisiannya cukup ikuti seperti gambar-gambar dibawah ini dan Step by step sampai windows 7nya berhasil terinstal :
Saya sarankan pengisian password dikosongkan terlebih dahulu dan pilih Next
Masukkan product key jika anda sudah memilikinya, atau skip jika anda ingin mengisikannya nanti.
Pilih Ask me later
Atur waktu dan timezone seperti gambar dibawah ini :
Tunggu beberapa saat, dan Windows 7 pun berhasil terinstall ulang di komputer anda.
Demikian Cara install ulang windows 7

  • BAHASA PEMOGRAMAN




Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando / instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.


Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
  •     Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
  •     Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  •     Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  •    Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb. 
Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.
Macam - macam bahasa pemrograman :
1. ALGOL
2. Applescript
3. Assembly
4. BASIC:
  • ASP
  •         BASIC
  •         COMAL
  •         Visual Basic
  •         Visual Basic for Applications
  •         VBScript
5.  Batch (MS-DOS)
4. COBOL
6. UNIX shell script:
  •         Bourne shell (sh) script
  •         Bourne-Again shell (bash) script
  •         Korn shell (ksh) script
  •         C shell (csh) script
7. C:
  •         C++
  •         C#
  •         Visual C++
8.  ColdFusion
9. dBase dkk.:
  •         Clipper
  •         Foxbase
  •         Visual FoxPro
10.  Eiffel
11.  Fortran
12.  Go
13. Haskell
14. Java
  •         JavaScript
  •         JSP
15. Lisp
16. Logo
17. Pascal
  •         Delphi
18. Perl
19. Prolog
20. Python
21. PHP
22. Pike
23. R
24. REXX
25. REBOL
26. RPG
27. Ruby
28. Simula
29. Smalltalk
30. Scheme
31. slq

  • SOFTWARE APLIKASI  
Windows 7 sebenarnya sudah dilengkapi dengan software-software bawaan yang cukup bagus, seperti game-game terbaru, windows media center yang keren, dan juga security yang baik, namun menurut saya  itu belum cukup. Untuk itu disini kami mencoba mengumpulkan beberapa software gratis namun berkualitas yang fiturnya tidak kalah dibandingkan software lain yang bayar. Kami berhasil mengumpulkan 50 aplikasi terbaik untuk anda, jadi jika anda memiliki PC baru atau ingin memaksimumkan kinerja PC anda dengan software-software gratis tapi berkualitas, mungkin anda bisa mencoba aplikasi-aplikasi dibawah ini.
Saya bagi menjadi beberapa kategori yaitu :
  
Aplikasi untuk Management Berkas :

17-Zip:  

Software kompresi ini bisa menggantikan Winrar anda, berikut format file yang bisa ditangani, ARJ, CAB, CHM, CPIO, DEB, DMG, HFS, ISO, LZH, LZMA, MSI, NSIS, RAR, RPM, UDF, WIM, XAR and Z formats.  Selain itu kita juga bisa mengkompres file dalam format 7z, ZIP, GZIP, BZIP2 dan TAR.   




Software ini boleh dibilang sebagai disk defragger terbaik yang ada di pasar, karena mendapatkan penghargaan review kelas bintang lima, dan kabar baiknya software ini gratis.

3. FileZilla:


Ini software yang wajib anda pakai jika anda sering transfer file melalui FTP (File Transfer Protocol) misalnya upload file ke web server.

4. Free Window Registry Repair:


Ini aplikasi buat membantu membersihkan registry Windows kita dari sampah-sampah yang tidak perlu. Sampah disini maksudnya registry-registry yang rusak dan using tidak terpakai lagi, atau karena program dihapus secara manual tanpa melalui uninstall. Sampah yang menumpuk ini lama-lama akan mempengaruhi kinerja PC kita.


Aplikasi ini tampilannya seperti Google, namun fungsinya untuk pencarian file di desktop kita, hasil pencariannya sangat cepat dan ditampilkan dalam bentuk web seperti Google Web. Setelah diinstall biasanya dia akan mengindeks file-file di komputer kita selama beberapa menit atau jam. Aplikasi ini juga mencari sampai ke konten-kontennya.
6. TrueCrypt:

 Aplikasi ini untuk melindungi file-file kita dengan cara mengenkripsi atau mengacak sehingga walaupun file ini jatuh ke tangan yang tak bertanggung jawab, file tidak akan bisa terbaca.

Aplikasi untuk Editing Gambar dan Video
1.   GIMP:

Boleh dibilang ini aplikasi foto editor gratis terbaik, fitur-fiturnya tidak bisa dianggap remeh dengan software foto editor sekelas Photoshop.

2. HandBrake


Ini aplikasi untuk mengkonversi file video dari satu format ke format yang lain. Juga ada fitur untuk menambahkan chapter, subtitle dan lainnya.

3.  IrfanView

IrfanView ini aplikasi untuk picture viewer seperti ACDSee, selain itu dilengkapi dengan fasilitas capture.

4.  Paint.NET:

Ini adalah aplikasi foto editor penerus dari mspaint, dilihat dari namanya sudah bisa ditebak kalau software ini ditulis dengan menggunakan bahasa .NET. Hebatnya software ini mirip-mirip fitur pada Photoshop, fitur-fitur yang ada antara lain : mendukung layer, undo tak terbatas, efek special dan tool-tool lainnya seperti plugin yang dapat didownload lewat komunitasnya.



Bila kita pusing karena Windows Media Player bawaan Windows tidak bisa membuka file video yang dikirimkan oleh temen di seberang, silakan coba pakai aplikasi ini. Karena aplikasi ini memainkan hampir semua format video yang ada.


Ini adalah player kesukaan saya, walaupun tampilannya sederhana, tapi dia bisa membuka banyak format video, dan biasanya jika sudah diinstall ini Windows Media Player bawaan Windows akan bisa memutar film yang sebelumnya dia tidak bisa putar.

Aplikasi Utilitas Lainnya

1.. 7stacks:

Ini aplikasi yang menarik anda coba, dengan aplikasi ini kita bisa membuat grup icon di desktop sehingga lebih mudah untuk dicari.


2. Adobe AIR

Adobe AIR mungkin terdengar baru ditelinga kita, sebenarnya ini bukan aplikasi tetapi sebuah framework atau platform untuk menjalankan aplikasi – aplikasi berbasis Adobe Air seperti TweetDeck, ebay Desktop dan masih banyak lainnya.


3.Enhancemyse7en:


 Ini aplikasi untuk memastikan Windows 7 kita tetap bersih dengan menjaga registry biar tetap bersih, hardisk didefrag dan pebaikan-perbaikan lainnya.

4. Fences


Ini aplikasi untuk membuat desktop kita lebih ramai dengan cara mengelompokkan icon dan program dalam suatu area tertentu.

5. Foxit Reader:


Aplikasi ini dapat digunakan sebagai alternative Adobe Acrobat Reader untuk membaca dokumen PDF, kelebihannya dia dapat membuka file PDF lebih cepat dari Adobe Acrobat sendiri.

Aplikasi Musik

1.iTunes


Ini aplikasi pemutar music dan untuk mengatur media dari Apple, juga dipakai untuk mensinkronkan dengan iPod atau iPhone kita.

2.TagScanner


Ini aplikasi untuk mencari dan mengedit tag lagu-lagu koleksi MP3 kita.

3.Winamp


kalau aplikasi ini mungkin sudah tidak perlu dijelaskan lagi karena sudah mafhum. Aplikasi ini adalah aplikasi music terpopuler yang banyak dipakai orang. Dilengkapi dengan user interface yang menarik, skin dan juga plugin yang seabrek. Juga bisa digunakan untuk memutar film.

4. Foobar2000



Ini pertama kali dikenalkan oleh temen saya dikantor, versi awal dari player musik ini simple sekali, sampai saya heran apa menariknya nih player seperti ini, tapi ternyata seperti kata pepatah jangan menjudge sesuatu dari tampilan luarnya saja, dan ternyata fitur-fiturnya seabrek. Tapi itu dulu namun sekarang tampilannya sudah keren dan user friendly, nyaman sekali digunakan.

Aplikasi Browser Web
1.Chrome

Ini adalah browser bawaan Google, walaupun masih belum sepopuler Firefox namun perlahan-lahan mulai banyak yang menggunakannya, karena performancenya lebih cepat ketimbang browser-browser lain. Selain itu juga mulai dilengkapi dengan plugin-plugin tambahan dan pilihan tema, walaupun tidak sekaya Firefox. Untuk javascript engine-nya Chrome ini yang tercepat menurut saya dibandingkan Firefox atau Safari. Jadi bila anda punya aplikasi web yang kaya akan user interface (RIA – Rich Internet Application) lebih baik jika dijalankan di browser ini.

2.Firefox


Ini adalah browser favorit saya, dengan seabreg add on dan plugin juga themes yang sangat membantu dalam pekerjaan. Firefox adalah browser yang wajib ada di PC anda. Walaupun market share-nya masih kalah dibandingkan Internet Explorer namun dominasi Firefox semakin meningkat dari waktu ke waktu.

3.Flock


 Browser ini sebenarnya saudara dekat dengan Firefox karena dikembangkan oleh developer pengembang Firefox juga, namun kelebihannya adalah integrasi dengan social networking yang begitu lekat di browser ini.

4.Opera


Ini adalah salah satu browser tertua yang menyaingi Internet Explorer, dan terkenal dengan slogannya “The Fastest Browser on the Earth”. Browser ini memiliki fitur-fitur menarik dibandingkan IE dan juga dukungan themes.

5.Safari


Ini adalah browser yang dibuat oleh Apple, dan tampilannya apple banget, walaupun agak boros memory, namun kecepatannya membuka halaman web dan eksekusi javascriptnya terbilang sangat cepat

Aplikasi untuk Sosial Media dan Komunikasi

1.Google Talk:

 Ini aplikasi buat chat dengan kawan-kawan kita yang memiliki account di Gmail. Selain chat kita juga bisa melakukan video call atau telpon lewat internet.

3.Pidgin:


 Ini aplikasi Chat Killer menurut saya, dengan aplikasi ini kita bisa chat dengan teman-teman kita di AIM, ICQ, Google Talk, Jabber/XMPP, MSN Messenger, Yahoo!, Bonjour, Gadu-Gadu, IRC, Novell GroupWise Messenger, QQ, Lotus Sametime, SILC, SIMPLE, MySpaceIM, and Zephyr.

4.Skype


Buat yang sering telpon dan bayarnya mahal apalagi kalau telpon keluar negeri, maka anda bisa menggunakan aplikasi ini. Skype adalah aplikasi berbasis VoIP sehingga kita melakukan panggilan telpon, video conference, instant messaging dan fitur lainnya. Tentunya dengan sesama pengguna Skype.
 Kalau yang ini pasti semua sudah tahu, karena ini adalah aplikasi chat yang paling populer bawaan Yahoo.
Cheers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar