a. Hardware
Hardware atau Perangkat
Keras merupakan suatu perangkat yang berfungsi melakukan
memasukan,memproses dan mengeluarkan perintah.
Hardware terdiri atas 4 bagian,
yaitu:
|
1.
Perangkat masukan (Input device)
adalah perangkat yang digunakan untuk memasukan perintah kedalam komputer.
Contoh:
a.
Mouse
Mouse
adalah perangkat yang digunakan untuk menmindahkan dan mengarahkan pointer
penunjuk mouse di layar monitor. Pointer adalah sebuah Simbol Panah
yang bergerak dengan mengikutipergerakan mouse.
Jenis-jenis mouse dilihat dari portnya :
- Mouse Serial
- Mouse PS/2
- Mouse USB
- Mouse Wireless
b.
Keyboard
Keyboard atau papan ketik adalah perangkat masukkan yang sering digunakan pada proses masukan. Fungsinya adalah untuk memasukan data dan perintah kedalam komputer. Karakteristikdan susunan huruf pada sebuah keyboard yang umum sama seperti mesin tik (ketik) yaitu QWERTY tapi di keyboard di lengkapi dengan tombol fungsi seperti tombol ESC, F1 sampai ke F12 dan lainnya.
Jenis-jenis
keyboard berdasarkan dari portnya:
- Keyboard Serial
- Keyboard PS/2
- Keyboard USB
- Keyboard Wireless
Jenis-jenis
Keyboard berdasarkan Susunan karakteristiknya
- Keyboard
QWERTY
- Keyboard
Abjad
- Dan
lainnya.
2. Perangkat
Proses (Procces device) adalah perangkat yang memproses perintah yang dimasukan oleh Input device.
a. CPU (Central Processing Unit)
CPU
atau Processor merupakan Alat yang memproses seluruh aktivitas atau pusat dari
aktivitas komputer. Jika di Ibaratkan Manusia, CPU ini merupakan Otak Manusia
yang menjalankan semua aktivitas yang dilakukan manusia. Jadi hal ini yang
menyebabkan Processor atau Microprocessor disebut sebagai Otak Komputer. Harga
Sebuah Komputer ditentukan juga oleh sebuah CPU selain Harddisk dan RAM.
b. RAM (Random Access Memory)
RAM
atau Memory merupakan alat penyimpanan sementara jadi setiap perintah yang kita
lakukan dikomputer belum sepenuhnya tersimpan di alat penyimpanan tetapi
disimpan dahulu di RAM. Data di sebuah RAM akan terhapus jika tidak ada aliran
listrik.
1.
Perangkat Keluaran (Output Device)
adalah Perangkat yang menampilkan hasil pengolahn data atau perintah yang
dilakukan oleh komputer.
a. Monitor
Monitor
Merupakan Perangkat yang digunakan untuk menampilkan informasi yang dihasilkan
dari
proses. Jika dilihat dari bentuk fisik dan ketajaman layar. Monitor terbagi
menjadi 2, yaitu:
- CRT
(Cathode Ray Tube) atau Monitor Tabung
- LCD
(Liquid Crystal Display) atau Monitor Layar Datar
b. Printer
Speaker
Merupakan perangkat untuk mencetak hasil data digital ke dalam media kertas
berupa gambar atau teks.
Printer
ada 3 jenis, yaitu:
- Printer
Inkjet
- Printer
Laserjet
- Printer
Thermal
- Dan
lainnya.
c. Speaker
Perangkat
yang berfungsi mengeluarkan suara yang telah di proses dalam komputer.
4. Perangkat Simpanan (Storage Device)
adalah Perangkat yang berfungsi menyimpan data secara permanen dan bersifat
lama.
a. Harddisk
Ialah
perangkat penyimpanan data permanen dan bersifat besar.contoh sistem operasi
b. Flashdisk
Penyimpanan data yang tidak sebesar
harddisk tetapi mudah dibawah ukurannya 1 GB, 2GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, dan 32
GB.
c. Optical
Drive
Alat
untuk menyimpan data berupa piringan atau biasa disebut CD/DVD.
a)
Software
Pengertian Software
Menurut International
Encyclopedy of Information Science (1997), software merupakan bagian dari komponen sistem komputer yang diprogram
yang memungkinkan komputer untuk mencocokkan perintah yang diterima untuk
memenuhi kebutuhan pengguna. Definisi ini juga mengkategorikan software ke
dalam 3 kategori, yaitu :
1.
Software sebagai sistem yang berperan mengendalikan jalannya perangkat
komputer dan komponen software lain yang menunjang operasional komputer.
Software dalam kategori ini dikenal sebagai sistem operasi, contohnya Windows,
Linux, dan Mac.Intosh.
2.
Software sebagai program aplikasi yang berperan memenuhi tugas atau
perintah tertentu dari sistem. Software dalam kategori ini dikenal sebagai
software aplikasi, contohnya Microsoft Office untuk kebutuhan perkantoran,
Adobe Photoshop untuk aplikasi gambar dan design, dan Mozilla Firefox untuk
aplikasi penelusuran halaman web.
3.
Software sebagai
perangkat yang menunjang pengembangan dan pembuatan software sebagai aplikasi.
Software ini dikenal sebagai software pemrograman, yaitu software bahasa
pemrograman seperti PHP, dan HTML.
Menurut Muffatto (2006), software merupakan rangkaian
perintah yang dijalankan oleh komputer dimana software berjalan dalam perangkat
keras komputer. Muffatto juga mengkontraskan software dengan hardware. Ia
berpendapat software merupakan perintah dan sarana dalam menerjemahkan
kebutuhan pengguna terhadap komputer, sedangkan hardware merupakan kamar dan
pabrik pengolahan perintah tersebut.
Mengacu pada konsep di atas, software perpustakaan dapat
dikategorikan sebagai software aplikasi karena software perpustakaan dibuat
dengan tujuan untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Secara umum, fungsi
software perpustakaan adalah :
1.
Memenuhi
kebutuhan teknis perpustakaan, yaitu administrasi perpustakaan, sirkulasi,
pengadaan, dan pengolahan.
2.
Memenuhi aspek repository
di perpustakaan, yaitu penyimpanan, pengendalian, dan distribusi informasi.
3.
Memenuhi kebutuhan
layanan penelusuran informasi.
b)
Data
Dalam ilmu komputer, data adalah
informasi yang cocok digunakan dengan komputer. Datasering dibedakan dari
program. Program sendiri adalah kumpulan instruksi tentang detil pekerjaan yang
harus dilakukan komputer. Sedangkan data adalah segala sesuatu yang bukan merupakan
kode program namun digunakan dalam komputasi program.
Dalam kehidupan sehari-hari, file
binary (tak lain adalah file yang tak terbaca manusia) seringkali disebut
sebagai “data” dan dibedakan dari file teks yang DAPAT dibaca manusia. Ini tak
semuanya benar karena definisi data adalah bagian yang digunakan entah itu
dapat dibaca maupun tidak. Karena data apapun bentuknya adalah sesuatu yang
diolah. Sekedar intermezzo, total data yang ada di tahun 2007 diperkirakan
mencapai 281 milyar gigabytes(atau sama dengan 281 exabyte)
c)
User /
Brainware
Brainware
Brainware adalah setiap orang yang
terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer/ sistem pengolahan data.
Brainwaremerupakan sumber inspirasi utama bagi terbentuknya suatu sistem
komputer.
Menurut tingkat pemanfaatan terhadap
komputer,Brainware digolongkan dalam empat tingkatan dimulai dari tingkatan
yang tertinggi:
a. System Analyst: Penanggung jawab dan perencana sistem dari
sebuah proyek pembangunan sebuah sistem informasi khususnya yang memanfaatkan
komputer.
b. Programmer : Pembuat dan petugas yang mempersiapkan
program yang dibutuhkan pada system komputerisasi yang dirancang.
c. Administrator : Seseorang yang bertugas mengelola suatu
system operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem/jaringan
komputer.
d. Operator : Pengguna biasa, hanya memanfaatkan system
komputer yang sudah ada.
Ngebantu banget buat pelajar kayak saya, thank you, lengkap banget soalnya
BalasHapus