Komputer adalah barang yang umum dan sering kita
temui saat ini. Bahkan sekarang sudah hampir setiap orang, khusunya pelajar,
mahasiswa dan praktisi pendidikan sudah memiliki komputer sendiri. Komputer yang
pada awalnya dibuat sebagai alat bantu hitung kini berkembang dengan sangat
pesat. Game, software dan aplikasi – aplikasi digital kini dapat dilakukan
dengan alat yang disebut komputer ini.
Bahkan sekarang ini dengan perkembangan
internet, komputer bisa menjadi alat mencari uang, transfer
uang, media bisnis, komunitas dan lain sebagainya. Dengan fungsinya yang begitu
banyak dan penting, maka kini komputer merupakan salah satu
barang yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar orang.
1.
EVOLUSI ARSITEKTUR
Ø 1950 -1960 :
Arsitektur computer adalah suatu Komputer aritmatik atau biasa disebut
juga kalkulator.komputer ini dibuat untuk menghitung persamaan matematis pada
masa peperangan pada saat itu.
Ø 1970 – pertengahan1980 : Arsitektur computer adalah suatu desain instruksi untuk
suatu Kompiler
Ø 1990 :
Arsitektur computer adalah suatu bentuk desain CPU, system memori,system
I/O, multiprosesor dan network computer.
Ø 2010 :
Arsitektur komputer: suatu system yang dapat beradaptasi sendiri, struktur
yang dapat mengorganisasikan sendiri, system DNA.
2.
Klasifikasi
Arsitektur
Pada komputer terdapat berbagai klasifikasinya
dalam hal appaun. Setiap komputer tentunya memilik klasifikasi masing-masing.
Disini membahas mengenai klasifikasi arsitekturnya menurut Von Neumann dan Non
Von Neumann.
Kriteria mesin Von Neumann :
·
Mempunyai
subsistem hardware dasar yaitu sebuah CPU, sebuah memori dan sebuah I/Osistem
·
Merupakan
stored-program computer
·
Menjalankan
instruksi secara berurutan
·
Mempunyai
jalur (path) bus antara memori dan CPU
Pada tahun 1966, Flyyn mengklasifikasikan arsitektur komputer
berdasarkan sifatnya yaitu :
1. Jumlah prosesor
2. Jumlah program yang dapat dijalankan
3. Struktur memori
Menurut Flyyn ada 4 klasifikasi komputer :
1.
SISD
(Single Instruction Stream, Single Data Stream)
Satu CPU yang
mengeksekusi instruksi satu persatu dan menjemput atau menyimpan data satu
persatu.
2.
SIMD (Single
Instruction Stream, Multiple Data Stream)
Satu unit kontrol yang
mengeksekusi aliran tunggal instruksi, tetapi lebih dari satu Elemen Pemroses
3.
MISD
(Multiple Instruction Stream, Single Data Stream)
Mengeksekusi beberapa
program yang berbeda terhadap data yang sama.
Ada 2 kategori:
v
Mesin
dengan Unit pemroses berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang
sama (sampai sekarang tidak ada mesin yang seperti ini)
v
Mesin,
dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
4.
MIMD
(Multiple Instruction Stream, Multiple Data Stream
Juga disebut
multiprocessors, dimana lebih dari satu proses dapat dieksekusi berikut
terhadap dengan datanya masing-masing,
3.KUALITAS ARSITEKTUR KOMPUTER
1.
Generalitas,
Generalitas adalah ukuran besarnya jangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan
arsitektur. dan computer yang terutama digunakan untuk aplikasi bisnis
menggunakan aritmetik decimal. Sistem umum memberikan dua jenis aritmetik.Salah
satu pembahasan utama oleh kalangan peneliti komputer selama tabun 1980-an adalah
persoalan bagusnya generalitas.
2.
DayaTerap(Applicability),
Daya terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang
telah direncanakannya. Buku ini membahas komputer yang terutama dirancang untuk
satu dari dua area aplikasi utama : (1) aplikaSi ihniah dan teknis dan (2)
aplikasi komersil biasa. Aplikasi ilmiah dan teknis adalah aplikasi yang
biasanya untuk memecahkan persamaan kompleks dan untuk penggunaan aritmetik
floating point ekstensif.
3.
Efesiensi,
Efisiensi adalah ukuran rata-rata jumlah hardware dalam komputer yang selalu
sibuk selama penggunaannya biasa. Arsitektur yang efisien memungkinkan (namun
tidak memastikan) terjadinya implementasi yang efisien. Salah satu sifat
arsitektur yang efisien adalah bahwa ia secara relative cenderung sederhana.
Karena untuk merancang sistem yang kompleks secara benar begitu sulit, maka
kebanyakan komputer mempunyai sebuah komputer inti (core computer) efisien yang
sederhana,yaitu CU.
4.
Kemudahan
Penggunaan, Kemudahan penggunaan arsitektur adalah ukuran kesederhanan bagi
programmer sistem untuk mengembangkan atau membuat software untuk arsitektur
tersebut, misalnya sistem pengoperasiannya atau compilemya. Oleh karena itu,
kemudahan penggunaan ini merupakan fungsi ISA dan berkaitan erat dengan
generalitas.
5.
Daya Tempa
(Maleability), Dua ukuran yang terakhir daya tempa dan daya kembang umumnya
berlaku untuk implementasi computer dalam satu rumpun. Daya terap arsitektur
adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk mengimplementasikan komputer (yang
mempunyai arsitektur itu) dalam jangkauan yang luas. Pada Apple Macintosh atau
IBM PC AT, spesifIkasi arsitektumya jauh lebih lengkap, sehingga semua
implementasi hampir sama.
6.
Daya Kembang
(Expandibility), Daya kembang (expandability) adalah ukuran kemudahan bagi
perancang untuk meningkatkan kemampuan arsitektur,misalnya kemampuan ukuran
memori maksimumnya atau kemampuan aritmetiknya. Dalam hal ini, daya kembang
juga berkaitan dengan jumlah CPU yang dapat digunakan oleh system secara
efektif.
D. FAKTOR KEBERHASILAN
Adabeberpa faktor yang mempengaruhi keberhasilan
arsitekturkomputer, tiga diantaranya adalah :
1. Manfaat Arsitektural
2. Kinerja Sistem
3. Biaya Sistem
5. Struktur Dasar Komputer dan Organisasi Komputer
Suatu sistem komputer terdiri darilima unit
struktur dasar, yaitu:
§
Unit
masukan (Input Unit) yaitu dimana terdapat perintah atau instruksi yang
dilakukan kepada komputer oleh pengguna
§
Unit
kontrol (Control Unit) merupakan suatu unit yang berfungsi untuk
mengontrol atau mengendalikan semua yang terdapat dalam komputer
§
Unit
logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit / ALU) adalah
suatu unit dimana berisi fungsi-fungsi logika dan matematika atau perhitungan
§
Unit
memori/penyimpanan (Memory / Storage Unit) yaitu unit
penyimpanan dana yang dilakukan komputer
§
Unit
keluaran (Output Unit) merupakan suatu hasil yang diharapkan dari suatu
inputan yang telah dimasukkan
Organisasi Komputer
Organisasi
Komputer adalah
bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar
komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.
Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat
antarmuka,teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol. Arsitektur
Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer
yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika
yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.Sebagai contoh apakah suatu
komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah
rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan
tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache
adalah kajian organisasional
Sumber : http://journal.mercubuana.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar